UN Online Mulai Diuji Coba Tahun Depan


JAKARTA – Rencana ujian nasional (UN) online akan segera diuji coba. Dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, uji coba akan dilaksanakan pada UN 2015.

Uji coba akan dilakukan pada kabupaten/kota yang siap melaksanakan UN online. Salah satu syarat kesiapan ini adalah sekolah harus memiliki perangkat komputer untuk melaksanakan UN. “Juga internet yang menjadi jaringan penyelenggaraan UN online,” ujar Anies, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Untuk saat ini sudah ada beberapa daerah yang menyatakan siap melaksanakan UN online. Namun, Anies enggan menyebutkan nama daerah tersebut. Baginya, setelah penggodokan baru akan diumumkan daerah mana yang akan melakukan uji coba.

“Yang secara online itu uji coba. Penyelenggara (dinas pendidikan) seluruhnya masih belum siap, karena fasilitas komputer masih terbatas. Uji coba untuk computer base test (CBT) jalan terus. Tapi CBT statusnya bukan dua model penyelenggaraan, itu lebih ke uji coba,” ucapnya.

Anies menambahkan, ada beberapa kabupaten yang kepala daerahnya sudah menyatakan siap untuk ikut CBT. Sekadar diketahui, Mendikbud Anies telah menemui semua kepala dinas pendidikan (Kadisdik) se-Indonesia. Pertemuan tersebut membahas masalah ujian nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: