UN Tak Jadi Syarat Utama Masuk PTN


JAKARTA – Mulai tahun ini, hasil Ujian Nasional (UN) tidak akan menjadi syarat utama dalam pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri (PTN). UN hanya akan mengambil porsi kecil sebagai pertimbangan PTN menerima mahasiswanya.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir mengatakan, karena UN hanya akan dijadikan pemetaan, maka persentasenya dalam pendaftaran masuk PTN hanya 10 persen. Sisanya, pertimbangan dari berbagai aspek.

“Baik atau buruknya nilai UN akan masuk ke komponen penilaian. PTN akan menghitung berapa skor total yang diraih calon mahasiswa sebagai syarat masuk kampus negeri,” ujar Nasir, dalam konferensi pers, di Gedung Dikti, Senayan, Jakarta, tadi malam.

Pada tahun-tahun sebelumnya, UN menjadi syarat pendaftaran masuk PTN yang cukup vital. Siswa wajib lulus UN untuk mendaftar kuliah di PTN.

Menurut Nasir, pihaknya sudah mengeluarkan Permenristekdikti yang menerangkan tata cara pendaftaran masuk PTN. Ada tiga cara yang bisa dipilih siswa, yaitu melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri (UM).

“Jadi, semua lulusan SMA/Sederajat bisa masuk dan bisa mendaftar pada ketiga jalur tersebut,” imbuh Nasir.

Selain UN, komponen nilai penerimaan lain di antaranya akreditasi sekolah dan jumlah siswa diterima tahun lalu. PTN juga akan memperhitungkan berapa siswa dari suatu sekolah yang sudah diterima tetapi prosesnya gagal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: